Sabtu, 30 Januari 2010

Tujuan Hidup

ketika suatu hari kita dihadapkan pada suatu pertanyaan, "apakah tujuan hidup anda?", apakah yang akan menjadi jawaban kita??pertanyaan singkat yang gampang - gampang susah untuk dijawab, maka sering sekali pertanyaan ini menjadi layaknya sebuah ancaman bagi kita yang belum paham akan tujuan hidup, akan tetapi akan menjadi layaknya sebuah sinar terang bagi mereka yang telah bisa memahami makna dan arti kehidupan. Hidup tanpa tujuan bagaikan rumah tanpa diterangi lampu, juga bagaikan kita memandang tanpa menggunakan mata. adapun jawaban dari pertanyaan di atas akan sangat variatif, tergantung dari setiap individu dalam memahami makna kehidupan, akan tetapi menentukan tujuan hidup adalah suatu hal terpenting dan usaha untuk mencapainya merupakan suatu seni tersendiri dari setiap individu kita.

setelah kita menentukan tujuan hidup kita kemudian berusaha untuk mencapai tujuan hidup itu, kemudian akan muncul lagi sebuah pertanyaan dari diri kita, "kapan tujuan hidup ini akan tercapai?".untuk menjawab pertanyaan ini kita harus ingat sebuah kata bijak Success is not a distance it is a journey, dari kata bijak itu kita bisa memahami bahwasannya kesuksesan lebih pada sebuah perjalanan bukan jarak yang kita tempuh, maka tujuan hidup pun demikian, ketika kita telah berusaha untuk mencapai tujuan itu maka mulai dari itulah kita juga mencapai tujuan hidup kita, karena sekali lagi, sukses dan tujuan hidup adalah lebih pada sebuah perjalanan bukan cuma sekedar berada pada posisi pencapaian cita - cita. Tujuan hidup berada dalam koridor waktu tapi tidak akan pernah didikte oleh waktu, karena waktu akan terus berjalan meskipun kita tidak memiliki tujuan hidup, bagi yang memiliki tujuan hidup waktu merupakan aset yang sangat berharga pepatah arab mengatakan waktu adalah sebuah mata pedang yang siap memotong kita kalau tidak bisa kita pergunakan dengan baik, dalam satu hari kita memiliki waktu yang sama 24 jam akan tetapi kemampuan dan kompetensi pemakaian waktu dari kitalah yang berbeda - beda. Membuat kehidupan lebih bermakna dan membuat hidup lebih hidup berarti kita merencanakan dan menetapkan tujuan hidup yang jelas dan terarah untuk kemudian kita lakoni dengan tepat, karena ibarat garam yang tidak akan jadi garam kalau tidak bisa mengasinkan yang hambar dan ibarat kapal yang tidak akan berfungsi sebagai kapal jika tidak pernah berlayar, tujuan yang terarah pun tidak akan berguna kalau tidak kita lakoni dengan baik.

kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa - masa yang akan datang, namun kita bisa memilih dan memastikan tujuan hidup kita saat ini, mulai dari spiritual, ekonomi, keluarga dan lain - lain untuk kita rancang menjadi roda kehidupan yang bergerak dinamis. apabila kita memiliki tujuan hidup maka kita akan mempunyai sebuah pandangan yang jelas dan terarah ketika kita mulai untuk menjalaninya, karena tidak akan pernah tersesat orang yang berjalan pada jalan yang lurus, begitu Abraham Lincoln pernah bilang emoticon. terakhir marilah kita sadari bahwasannya hari ini adalah hari pertama dari sisa hidup kita untuk menemukan, menetapkan dan menikmati tujuan hidup kita, dan selamat menemukan, menetapkan dan menikmatinya

2 komentar:

  1. ane pertamax gan hahahaaa ayoooo sama2 mencari dan menemukan hahahaaa opoooo iku...

    BalasHapus
  2. Hallo, aku Latifah penulis asal Lampung, yang aktif blogging di MantuIdaman(dot)com, sudah tahu belum kalau di Lampung banyak sekali tempat wisata yang sayang sekali untuk kamu lewatkan loh. Berikut beberapa diantatanya:

    - Museum Sejarah Lampung
    - Taman Nasional Way Kambas
    - Desa Wisata Sumber Agung

    Selamat berwisata,
    Latifah

    BalasHapus